6 ASPEK PENDIDIKAN BERKARAKTER

6 ASPEK Pendidikan Karakter
Sekolah memainkan peran penting dalam nilai-nilai ajaran dan kebajikan.Oleh Kevin RyanSembilan belas tahun yang lalu, ketika keluarga saya pindah dari Ohio ke Massachusetts, sekolah tinggi baru anak saya mengeluarkan nya sebuah buku pegangan siswa yang 26 halaman. Setelah halaman depan, datang 24 halaman hak mahasiswa. Pada akhirnya, ada satu halaman dari tanggung jawab siswa.Bagi saya, buku pegangan itu adalah metafora untuk sekolah. Anak-anak yang sangat besar menyadari mereka-hak kenyataan bahwa Anda tidak bisa memberi mereka tes tanpa pemberitahuan dua hari; fakta bahwa guru tidak diperbolehkan untuk memeriksa loker; batas-batas pada apa yang guru diizinkan untuk mengatakan. Tapi siswa jauh lebih jelas tentang kewajiban mereka sendiri.Sekolah ini, seperti setiap lain, mengajar anak-anak nilai-nilai. Di 70-an dan 80-an, orang-orang berbicara tentang pendidikan bebas nilai, dan ada upaya untuk menghapus instruksi moral yang dari sekolah. Namun, sebagai contoh ini menggambarkan, itu adalah amat bodoh untuk berpikir Anda dapat memiliki anak selama enam atau tujuh jam sehari, lima hari seminggu, 180 hari setahun, dan tidak memberi mereka rasa apa yang benar atau salah, apa yang berharga, dan apa yang tidak berharga.Sebaliknya, sekolah harus merangkul peran mereka sebagai mitra dengan orang tua dalam pendidikan karakter. Dengan ini, saya tidak bermaksud mencoba untuk mendapatkan anak-anak untuk memiliki sikap yang tepat tentang kontrol senjata atau masalah ekologi atau jenis kelamin atau penggunaan energi atau apa pun topik panas hari ini. Ada peran untuk terlibat dalam diskusi anak-anak dari dilema etika seperti rumit, tetapi pendidikan karakter yang benar adalah tentang mendapatkan kebiasaan saleh. Ini tentang mengetahui apa ketekunan adalah dan kemudian mampu untuk tetap kursus, atau tentang memiliki pemahaman yang kaya apa kebaikan adalah dan kemudian mampu menerapkannya.Apa yang terlihat seperti di kelas? Kita bisa menjawab pertanyaan itu dalam hal apa yang saya sebut " 6 E pendidikan karakter "1. Contoh Yang pertama adalah "contoh." Manusia tidak dilahirkan beradab; kita harus belajar hampir segala sesuatu yang penting dengan contoh. Filsuf besar Inggris Edmund Burke mengatakan, "Contoh adalah sekolah umat manusia, dan dia akan belajar tanpa lainnya." Pencetakan pada anak-anak gambaran yang jelas tentang apa yang manusia yang baik adalah seperti-itu adalah komponen utama dari pendidikan di periode sebelumnya dalam sejarah kita. Pada zaman kolonial, misalnya, pendidikan sebagian besar terdiri dalam membaca buku-buku seperti Plutarch ini Lives dan memilih seseorang untuk kerajinan hidup Anda setelah. George Washington memilih Romawi Lucius Cincinnatus. Seperti Washington, Cincinnatus telah menjadi petani yang ditarik ke perang. Dia naik melalui pangkat untuk menjadi seorang jenderal besar. Setelah ia pensiun dari dinas militer, ia dipanggil kembali oleh senat untuk menyelamatkan tentara Romawi dari pemusnahan oleh Aequi, suatu prestasi yang dia capai dalam 16 hari. Pada saat itu, para senator berkata kepadanya, "Dengar, kita sudah berjuang dengan republik ini untuk sementara waktu, dan kita tidak bisa membuatnya bekerja. Kami ingin Anda menjadi kaisar." Cincinnatus berkata, "Aku minta maaf. Aku telah melayani negara saya. Anda punya pemerintah. Aku akan kembali ke peternakan." Dan itulah yang dia lakukan. Pada akhir Perang Revolusi di Yorktown, ketika Inggris menyerah, Alexander Hamilton dan beberapa jenderal lain datang ke Washington dan mengatakan, "Selamat. Perang berakhir. Sekarang kita ingin membuat Anda raja." Balasan Washington adalah, "Jika aku pernah mendengar siapa pun menyebutkan hal seperti itu lagi, itulah akhir dari persahabatan kami. Saya telah melayani negara saya. Sekarang saya akan kembali ke Virginia." Salah satu alasan untuk respon Washington adalah gagasan yang jelas tentang apa yang modelnya akan lakukan. Kita perlu untuk membangkitkan semacam ini belajar dengan contoh.2. (Ethos) Jiwa Khas Suatu Bangsa
 "Ethos," berasal dari istilah Yunani untuk lingkungan etika yang harus menjadi bagian integral dari kehidupan sekolah. Hari-hari ini, kita cenderung untuk melakukan sekolah dengan program: Kita melihat masalah; kami memiliki program. Banyak orang telah merespon krisis sosial seperti penembakan di Columbine dengan menelepon untuk program pendidikan karakter. Tapi pendidikan karakter lebih merupakan sikap atau pendekatan dari program; itu adalah sesuatu yang meresapi seluruh sekolah. Ini menjadi bagian dari kehidupan bus sekolah atau ganti kehidupan kamar seperti itu adalah bagian dari kehidupan kelas. Ini berarti bahwa alih-alih berbicara tentang "perilaku tidak pantas" atau "tahapan perkembangan moral," setiap orang dalam pembicaraan masyarakat sekolah tentang apa yang benar dan apa yang salah, apa yang ideal dan apa yang jahat. Namun bahkan di sekolah seperti Columbine, yang tidak teratur atau bermasalah, seorang guru individu memiliki kesempatan untuk mengembangkan lingkungan yang aman di kelas sendiri. Guru dapat membuat tempat di mana anak-anak tidak bisa menempatkan satu turun lagi, di mana anak-anak bisa mendapatkan sidang, dan di mana ada rasa keadilan dan rasa hormat.3.Penjelasan "penjelasan," adalah salah satu aspek yang paling melemahkan mengajar. Di sini, aku tidak berbicara tentang menjelaskan persamaan kuadrat atau penyebab Perang Saudara; Aku sedang berbicara tentang apa sosiolog Perancis Emile Durkheim mengatakan adalah tujuan sebenarnya dari pendidikan: untuk mensosialisasikan muda untuk hidup dalam masyarakat yang sangat kompleks-untuk mengajari mereka aturan permainan. Anak pengalaman Justin bungsu saya adalah contoh yang baik. Pada hari pertama dari TK, ketika kita turun dia pergi, dia berlari keluar dari mobil dan berlari ke taman bermain. Segera, ia dan seorang teman dari lingkungan awal melakukan apa anak-anak TK lakukan pada hari-hari: Mereka mengambil tongkat dan mulai duel. Saya dan istri saya menonton dari mobil, jadi kami harus menyaksikan pertemuan pertama anak saya dengan seorang guru. Sama seperti Justin hendak menusuk mata teman kecilnya keluar, tiba-tiba tangan ini datang entah dari mana. Kemudian kita bisa melihat guru berbicara kepadanya. Malam itu di meja makan, aku bertanya Justin apa yang dia katakan. "Ayah, dia menatapku, dan dia berkata, 'Kami tidak melakukannya di sini.'" Dalam beberapa tahun ke depan, anak saya mendengar kalimat itu banyak: "Kami tidak hanya bangun dan pergi ke kamar mandi setiap kali kita inginkan." "Kami tidak meninju orang." "Kami tidak melakukannya di sini." Jika Anda seorang guru, Anda explainer masyarakat; Anda memberitahu anak-anak tentang mengapa mereka seharusnya lebih menguasai diri, mengapa mereka harus berpikir tentang orang lain, dan mengapa mereka harus menetapkan dan memenuhi tujuan.4.Emosi Namun, ada batas untuk menjelaskan . Ini tidak selalu bekerja . Ada saat-saat ketika Anda benar-benar harus menarik moral " emosi , " Kadang-kadang Anda bahkan harus menggunakan malu . Malu telah mendapat nama buruk dalam pendidikan , tapi saya akan menyarankan bahwa ada kesempatan ketika itu perlu . Dalam kehidupan saya sendiri , saya telah diperkaya oleh yang dibuat untuk menyadari ketika saya sudah melakukan tindakan yang memalukan . Malu merupakan perbaikan penting dalam sifat manusia . Ada juga nasihat yang menginspirasi orang - banding tidak begitu banyak pikiran , tapi ke jantung . Anda dapat menganggap pendidikan karakter sebagai anak-anak mengajar untuk mengetahui baik , mencintai kebaikan , dan untuk melakukan yang baik . Pengertian saya sendiri sebagai orang tua adalah bahwa jangka mencintai ini tengah baik - mana mesin nyata . Jika Anda bisa mendapatkan orang-orang muda untuk mencintai hal yang benar , untuk melakukan emosional untuk menjadi orang tertentu , maka Anda berada di jalur yang benar
5.Pengalaman Ketika saya berbicara tentang "pengalaman," Saya sedang berbicara tentang tindakan moral. Saat ini, banyak anak-anak memiliki beberapa peluang untuk menjadi aktor moral karena mereka tidak benar-benar dibutuhkan oleh keluarga mereka. Satu-satunya hal yang kita meminta mereka untuk melakukan kadang-kadang membuang sampah atau membuat tempat tidur. Salah satu gerakan yang paling konstruktif di sekolah-sekolah sekarang, KKN, mencoba untuk mengatasi masalah itu dengan memberikan kesempatan anak-anak untuk berperilaku yang bertanggung jawab, penuh kasih, cara moral dalam masyarakat yang lebih besar. Putri saya melakukan sebuah proyek pembelajaran layanan di rumah sakit mental suatu sore seminggu selama tahun pertamanya di SMA. Pasangan pertama sesi, dia pulang sambil menangis. Dia berkata, "Ayah, orang-orang ini aneh. Mereka mengatakan hal-hal yang mengerikan. Mereka tidak menyukai saya. Saya tidak tahu apa yang saya lakukan di sana. Saya ingin bekerja dengan anak-anak. Bisakah kita kembali ke sekolah dan mendapatkan penempatan yang berbeda? " Administrator sekolah tidak akan mengubah penempatan, tapi mereka memastikan dia belajar beberapa keterampilan yang membantunya dalam pekerjaannya. Pada bulan November, bagian yang paling penting dari minggu nya nya Rabu sore di rumah sakit. Bahwa proyek KKN mungkin pengalaman yang paling mendalam dia selama sekolah tinggi6.Harapan Untuk Keunggulan
 " harapan untuk keunggulan . " Hari ini , kita mendengar banyak dalam kalangan pendidikan tentang gerakan keunggulan, yang sangat erat kaitannya dengan nilai tes yang tinggi . Tentu saja , fokus pada jenis keunggulan mungkin memiliki beberapa efek dalam membuat anak-anak lebih luas , dan mungkin membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik . Tapi itu akan menjadi jerat lain pendidikan dan kebodohan jika itu hanya berarti mendapatkan anak-anak untuk melompat melalui lingkaran yang lebih tinggi . Dalam jangka panjang , kita harus mengikat keunggulan karakter formasi - permintaan bahwa anak-anak terlibat dalam penempaan diri mereka sendiri terbaik . Kevin Ryan adalah direktur University Center Boston untuk Kemajuan Etika dan Karakter dan editor Pembangunan Karakter di Sekolah and Beyond .

,, ,, terimakasih sudah berkunjung ke blog kami yang sederhana ini ,, semoga bermanfaat , ,,                      ,, ,, berikan saran dan masukan anda tentang artikelnya ,, ,, 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »