Peran Guru Di Sekolah
Pengantar
Di antara yang terbesar
dari semua layanan yang dapat diberikan oleh orang-orang kepada Allah SWT,
adalah pendidikan dan pelatihan anak-anak, sehingga mereka dapat menumbuhkan
kasih karunia di jalan keselamatan, tumbuh seperti mutiara dari karunia ilahi
dalam shell pendidikan dan akan menjadi salah satu hari permata di mahkota taat
kemuliaan.
Henry Von Dyke telah
mengatakan tentang guru dan mengajar Ah! Di sana Anda telah terburuk dibayar
dan yang terbaik dihargai dari panggilan. Jangan masukkan kecuali Anda
menyukainya. Untuk sebagian besar pria dan wanita tidak memiliki janji kekayaan
dan ketenaran, tapi mereka kepada siapa itu sayang untuk kepentingan diri
sendiri adalah salah satu bangsawan umat manusia. Saya menyanyikan pujian dari
guru yang tidak diketahui, raja dirinya dan pemimpin manusia yang, ini, kita
dapat katakan adalah makna filosofis mengajar, tetapi sangat relevan dan makna
juga.
Guru adalah tolok ukur
yang mengukur prestasi dan aspirasi bangsa. The nilai dan potensi suatu negara
bisa dievaluasi dalam dan melalui karya guru, Orang-orang dari negara adalah
replika diperbesar dari guru mereka. Mereka adalah pembangun bangsa yang nyata.
Perlu ada penjelasan bahwa
guru adalah poros dari setiap sistem pendidikan dari siswa yang lebih muda.
Pada dia bersandar kegagalan atau keberhasilan sistem. Jika guru berpendidikan
dan jika mereka intelektual hidup dan mengambil minat dalam pekerjaan mereka,
maka hanya, keberhasilan dipastikan. Tapi, jika di sisi lain, mereka tidak
memiliki pelatihan dalam pendidikan dan jika mereka tidak bisa memberikan hati
mereka untuk profesi mereka, sistem ini ditakdirkan untuk gagal. Oleh karena
itu, guru sangat penting lain komponen sekolah.
Guru adalah kekuatan
dinamis sekolah. Sebuah sekolah tanpa guru adalah seperti tubuh tanpa jiwa,
kerangka tanpa darah dan daging, bayangan tanpa substansi. Tidak ada kebutuhan
yang lebih besar untuk penyebab pendidikan saat ini dari kebutuhan untuk pria
jantan yang kuat dan wanita keibuan sebagai guru bagi kaum muda. Sebagai
insinyur sosial, guru dapat bersosialisasi dan memanusiakan muda dengan
kualitas manusia-seperti mereka
Puisi
Timur atau Barat
Guru kami adalah yang terbaik
Dia adalah panduan terbaik kami
Dia membantu kita untuk memutuskan
Dia mengatakan kepada kita jalan yang benar
Ketika kita berada dalam kesulitan
Dia adalah buku kebijaksanaan
Yang memberikan kita pengetahuan
Yang memberi kita cahaya
Semua seutuhnya
Dia yang terbaik dari semua
Definisi
Guru sejati adalah dia yang dapat segera turun ke tingkat siswa, mentransfer jiwanya ke jiwa siswa dan melihat melalui dan memahami melalui pikirannya guru tersebut benar-benar dapat mengajar dan tidak ada yang lain -. Swami Vivekanand
Para guru tempat dalam masyarakat adalah sangat penting Dia bertindak sebagai poros untuk transmisi tradisi intelektual dan keterampilan teknis dari generasi ke generasi dan membantu untuk menjaga lampu pembakaran peradaban -. Dr. S. Radhakrishnan
Seorang guru tidak pernah dapat benar-benar mengajarkan kecuali dia masih belajar sendiri. Sebuah lampu tidak bisa menyalakan lampu lain kecuali terus membakar api sendiri. Para guru yang telah datang ke akhir subjek, yang tidak memiliki lalu lintas tamu dengan pengetahuan, tetapi hanya mengulangi pelajaran untuk murid-muridnya hanya dapat memuat pikiran mereka Dia tidak bisa mempercepat mereka -. Tagore
Setiap guru dan pendidik dari pengalaman tahu bahwa bahkan kurikulum terbaik dan silabus yang paling sempurna tetap mati kecuali dipercepat dalam hidup dengan metode yang tepat mengajar dan yang tepat guru -. Komisi Pendidikan Menengah
Guru adalah pembuat nyata sejarah -. HG Wells
Guru adalah pembuat manusia menjadi manusia -. Sir John Adams
Anda Perlu Bekerja Untuk:
Keunggulan Ditambah Dengan Kesetaraan Dan Keadilan Sosial.
Anda perlu untuk mencapai tujuan keunggulan ditambah dengan kesetaraan dan keadilan sosial dengan cara menyampaikan pendidikan berkualitas untuk semua siswa tanpa diskriminasi antara pemain, keyakinan, jenis kelamin, agama dan ras sehingga mereka menjadi sehat secara fisik, mental waspada, seimbang secara emosional dan rohani suara Guru. diharuskan memahami kebutuhan setiap anak untuk pendidikan materi, pendidikan untuk menjadi manusia yang baik dan pendidikan ilahi sehingga mereka dapat menghadapi kenyataan hidup di milenium baru.
Integrasi Nasional
Hari ini, promosi patriotisme dan pendidikan bagi integrasi nasional telah menjadi kebutuhan jam. Tugas utama kami adalah untuk menyediakan pendidikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat hidup dan belajar bersama-sama dan mengembangkan potensi penuh mereka.
Pemahaman Internasional
Kita perlu untuk memberitahukan siswa bahwa India perlu ras baru manusia, hanya dunia, dunia bersatu dan dunia yang damai. Keadaan ini di tingkat internasional compell kami untuk pemahaman internasional yang tepat dengan meningkatkan prinsip Live & Let Live .
Berkualitas Baik Pendidikan Modern.
Guru perlu bekerja untuk kualitas pendidikan yang baik untuk mengubah siswa menjadi kemandirian dan self meyakinkan warga dunia. Hal ini dapat dicapai dengan transaksi kurikulum sukses dengan mathetics modern dan teknologi pendidikan bersama-sama dengan komponen yang kuat dari budaya, penanaman nilai-nilai, kesadaran lingkungan, kegiatan petualangan dan pendidikan jasmani.
Tingkat Yang Wajar Kompetensi Dalam Tiga Bahasa
Pengetahuan dan keterampilan dalam bahasa menumbuhkan kecerdasan dalam peserta didik. Karena itu, kita harus melakukan upaya untuk mencapai tingkat yang wajar kompetensi di minimal tiga bahasa seperti yang disebutkan di Formula Tiga Bahasa.
Vidyalaya Sebagai Titik Fokus Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Sekolah.
Setiap guru harus berusaha dengan hati dan jiwa untuk membesarkan anak-anak upto kesempurnaan tertinggi umat manusia untuk sedemikian rupa sehingga setiap satu dari mereka akan dilatih dalam penggunaan pikiran dalam memperoleh pengetahuan, dalam kerendahan hati dan kerendahan, bermartabat dan dalam semangat dan cinta .
The Paradoks Perintah:
Ø Orang-orang yang logis, tidak masuk akal dan egois. Cinta mereka dengan cara apapun.
Ø Jika Anda berbuat baik, orang akan menuduh Anda egois. Apakah baik dengan cara apapun.
Ø Jika Anda berhasil, Anda akan mendapatkan teman palsu dan musuh sejati. Sukses pula.
Ø baik Anda lakukan hari ini akan dilupakan besok. Berbuat baik pula.
Ø Kejujuran dan keterusterangan membuat Anda rentan. Jujur dan terus terang pula.
Ø Orang-orang terbesar dan wanita dengan ide-ide terbesar dapat ditembak jatuh oleh pria terkecil dan wanita dengan pikiran terkecil. Pikirkan besar pula.
Ø Orang mendukung underdog tetapi hanya mengikuti anjing atas. Berjuang untuk beberapa underdog selalu.
Ø Apa yang Anda menghabiskan tahun bangunan dapat dihancurkan dalam semalam. Membangun pula.
Ø Orang-orang benar-benar membutuhkan bantuan, tetapi mungkin menyerang Anda jika Anda melakukannya. Bantuan itu. Membantu orang pula.
Ø Berikan dunia yang terbaik yang Anda miliki atau Anda akan mendapatkan menendang di gigi. Berikan dunia terbaik yang Anda miliki pula.
Kualitas Penting Dari Seorang Guru
1) Guru Sebagai Model Peran:
Peran Model adalah orang-orang yang memberikan contoh yang baik dengan kata-kata mereka berbicara dan oleh tindakan yang mereka ambil. Role Model bisa menjadi orang yang Anda kenal secara pribadi atau orang yang telah Anda pelajari di berita di sekolah atau di televisi.
Siswa cenderung meniru perilaku dan perangai dari guru. Guru-guru seluruh kepribadian adalah refleksi pada benak para siswa. Jika guru jujur, memimpin kehidupan yang seimbang dan disiplin, anak-anak mengadopsi kebajikan ini sebagai yang ideal melakukan secara tidak sadar. Guru yang ideal s yang melalui pikiran, kata-kata dan perbuatan, memberikan dan kesan kehidupan tegak jujur yang dapat berfungsi sebagai model bagi para siswa untuk menyalin, mengikuti dan meniru.
2) Guru Karakter
Sebuah bunga mekar dicintai oleh semua dan dalam hal ini terletak pada kemuliaan. Demikian pula, manusia dapat dilihat sebagai telah mencapai segala sesuatu dalam hidup ketika ia menjadi sempurna dalam karakter. Jika bunga terbaik di antara umat manusia yang dibutuhkan untuk mengajar, masyarakat berlimpah diperkaya , aroma dan keindahan mereka kemudian membuat penggunaan terbaik dari. Jika guru menjadi perwujudan dari perilaku yang benar dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, siswa oleh asosiasi mereka akan belajar kebajikan dan mengembangkan kualitas jantan. Mereka bisa menjadi manusiawi dan bisa hidup dan bertindak seperti manusia normal. Mereka bisa menjadi bijaksana, peduli dan berani.
3) Guru Kepribadian
Setiap guru harus memiliki kepribadian yang baik. Penampilan Radiant, menyenangkan dan mengesankan pribadi, perbaikan, sopan santun menyenangkan, industri, antusiasme, drive, inisiatif, pikiran terbuka dll, adalah beberapa ciri-ciri penting dari seorang guru yang ideal. Penampilan eksternal memiliki efek psikologis pada siswa. Dengan penampilan yang menarik, ia / dia bisa memenangkan cinta dan kasih sayang dari murid-muridnya dan bisa dihormati. Dia / dia harus jujur, toleran, baik hati, adil dan lurus ke depan sehingga bahwa ia / dia dapat merangsang pembelajaran.
a.Sifat Kepribadian
Ø Kepercayaan diri dan harga diri
Ø Penampilan sangat baik
Ø Sehat dan Energik
Ø Baik Akal
Ø Karakter tinggi
Ø Rasa Humor
Ø Optimis
Ø Demokratis
Ø Adil dan Hanya
Ø Simpati dan Empati
Ø Ketetapan waktu
Ø Antusiasme
Ø Kerajinan
Ø Keramahan
b.Nilai Pribadi
Ø Cinta
Ø Non Kekerasan
Ø Dialog
Ø Dutifulness
Ø Persaudaraan
Ø Kesabaran
Ø Pengampunan
Ø Kesopanan
Ø Tobat
Ø Penghematan
Ø Berbagi
Ø Kemurahan hati
Ø Layanan
Ø Olahraga kejantanan
Ø Tim Spirit
Ø Loyalitas
Ø Tanggung jawab
Ø Terima kasih
Ø Akuntabilitas
Ø Toleransi
Ø Simpati
Ø Kebebasan
Ø Keadilan
Ø Penentuan
Ø Keramahan
Ø Koordinasi
4) Guru Kesehatan Mental
Kita berbicara tentang pendidikan sebagai pencahayaan lampu lampu lain, satu kehidupan membuat hidup lain dan semangat berbicara kepada roh yang lain. Kita bisa mencapai tujuan ini, jika guru memiliki kesehatan mental yang baik. Siswa mengembangkan minat dalam mata pelajaran, yang diajarkan oleh guru menyenangkan dan ramah. Guru membuat suasana emosional di dalam kelas. Seorang guru neurotik mungkin menyebarkan ketakutan, kegelisahan dan khawatir di dalam kelas. Sebuah fanatik-guru dapat menyebar kebencian, prasangka dan perasaan bermusuhan di kalangan mahasiswa. Jika ia memiliki kesehatan mental yang baik, dia bisa menciptakan cinta, minat dan antusiasme untuk belajar dan rasa di subjek dia mengajar.
5) Guru Kesehatan Fisik
Seorang guru harus memiliki tubuh yang sehat disertai pikiran yang sehat. Dia harus memiliki kesehatan fisik suara, energi fisik, vitalitas dan ia harus bebas dari cacat fisik. Hal ini akan membuat dia waspada, ceria, bahagia, dinamis dan antusias. Dia bisa menjaga stabilitas emosi.
6) Guru Penyesuaian Sosial
Sosialisasi adalah kualitas penting dari seorang guru. Dia harus memiliki filsafat sosial yang sehat dan ia harus memberikan kontribusi terbaiknya kepada masyarakat. Dia harus tahu bagaimana untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial di mana ia tinggal. Dia tidak boleh kehidupan sosial tenang, mundur dan tertutup. Dia harus bebas dari kekhawatiran, kecemasan dan berpikir dan merasa tentang dirinya. Dia harus aduk dalam masyarakat untuk memiliki tubuh besar teman-teman dan mengambil minat membantu dalam tetangganya. normal luar sekolah akan pergi jauh untuk memberinya penyesuaian sosial bahagia.
Nilai Sosial
Ø Disiplin
Ø Ketetapan waktu
Ø Menghormati orang tua
Ø Ambisi
Ø Kesetiaan
Ø Keyakinan
Ø Tanggung jawab
Ø Kebersihan
Ø Dedikasi
Ø Kesantunan
Ø Kesetiaan
Ø Kreativitas
Ø Rasa Kompetisi
Ø Kesabaran
Ø Pengetahuan
Ø Pendekatan positif
Ø Ketabahan
Ø Inovatif
Ø Self Reliance
Ø Keberanian
Ø Ketulusan
Ø Intelijen
Ø Sayang
Ø Keadaan yg sebenarnya
Ø Ketaatan
Ø Keteraturan
Ø Patriotisme
Ø Evaluasi diri
Ø Kejujuran
Ø Harapan
7) Guru profesional Efisiensi
Guru harus memiliki rasa yang kuat dari panggilan dan pengabdian sejati terhadap pengajaran. Dia harus memiliki kasih yang tulus untuk panggilannya. Untuk efisiensi profesionalnya, ia harus memiliki pengetahuan tentang psikologi, filsafat pendidikan, tujuan, isi, metode dan bahan instruksi, keterampilan dan minat dalam mengajar. Dia harus memiliki pengetahuan wajar terkini tentang negara sendiri dan negara-negara lain di dunia.
8) Prestasi Akademik Guru
Seorang guru harus memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar mata pelajaran yang diajarkannya. Dia harus memiliki latar belakang akademis dan budaya suara.
10) Pelatihan Guru Profesional
Guru harus memiliki pelatihan profesional yang diperlukan; tanpa yang dia akan melakukan kesalahan pedagogis yang serius. Prof. Monteque dalam bukunya, Pendidikan dan Hubungan Manusia. Menegaskan bahwa, Tidak ada yang harus pernah diijinkan untuk menjadi guru muda kecuali oleh temperamen, sikap dan pelatihan, dia pas untuk melakukannya.
11) Guru Akuntabilitas
Lessinger pendukung bahwa setiap anak memiliki hak untuk dididik agar menjadi warga negara yang produktif dari suatu negara. Orang tua dan warga memiliki hak untuk mengetahui kemajuan pendidikan anak-anak mereka. Guru, menjadi pendidikan atau manusia insinyur bertanggung jawab untuk kemajuan anak-anak mereka ajarkan. Karena itu, Kebijakan Nasional Pendidikan 1986, di India, telah membuat konsep ini sangat populer.
Pendidikan massal di India tampaknya berada dalam kondisi merendahkan. Pendidikan yang diberikan oleh beberapa guru masih jauh dari memuaskan. Sebagian besar siswa tidak memiliki pengetahuan mendasar dalam berbagai bidang pendidikan. Guru tersebut tidak merasa itu menjadi tanggung jawab mereka. Mereka terlibat dalam kuliah dan pembinaan pusat swasta untuk mendapatkan beberapa remunerasi. Banyak orang tua tidak bisa mendidik anak-anak mereka di sekolah umum mahal. Komitmen pada bagian dari para guru telah berkurang untuk sebagian besar. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk membuat guru menyadari akuntabilitas mereka untuk profesi mereka.
Karena akuntabilitas guru sangat penting dalam proses belajar-mengajar yang modern, akuntabilitas guru harus dievaluasi pada interval yang sering. Harus ada pengawasan yang tepat dari pekerjaan mereka. Pengawas harus melihat seberapa jauh para guru bertanggung jawab dalam hal pengajaran, penelitian, kegiatan ko-kurikuler, penggunaan alat bantu dan peralatan di dalam kelas, pemanfaatan sumber daya lokal untuk kepentingan mahasiswa dan pengembangan siswa moral dan nilai-nilai etika. Dengan demikian, kondisi merendahkan pendidikan di kami negara dapat diperiksa.
Etika Profesional Guru
Guru yang menganggap pekerjaan mereka sebagai profesi, bekerja hanya untuk membayar cek. Pekerjaan mereka dianggap berguna untuk kepentingan mereka sendiri. Karena barangkali mereka telah menduduki kursi profesional mereka mencoba untuk kebaikan mereka sendiri, pada biaya lain. Tapi warisan budaya kita membuktikan bahwa guru sejati adalah mereka yang menganggap pekerjaan mereka sebagai terhormat. guru tersebut bekerja dengan rasa pemenuhan diri dan realisasi diri. Prof. George Herbet Palmer sekali benar berkata, Jika Harvard tidak membayar saya untuk mengajar, saya dengan senang hati akan membayar Harvard untuk hak istimewa mengajar. Ini harus menjadi nilai profesional guru India. Seorang guru yang ideal seharusnya tidak bekerja dengan motif berupa uang, tetapi dengan rasa pendidikan dan untuk penyebab pendidikan.
Menuju Siswa
Ini akan menjadi tugas utama kami untuk memahami mereka, untuk menjadi adil, sopan, untuk mempromosikan semangat penyelidikan, persekutuan dan sukacita di dalamnya, tidak melakukan atau mengatakan apa pun yang akan merusak kepribadian mereka, tidak untuk mengeksploitasi mereka untuk kepentingan pribadi dan untuk ditetapkan sebelum mereka standar yang tinggi karakter, disiplin dan kepribadian.
Menuju Profesi
Ini akan menjadi tugas utama kami untuk menjadi tulus dan jujur untuk pekerjaan kami dan untuk pergi benar-benar siap untuk kelas, untuk berusaha mempertahankan efisiensi kami dengan belajar dan sarana lainnya; tidak melakukan atau mengatakan apa-apa yang dapat menurunkan prestise kami di mata siswa kami; tidak menulis atau mendorong penggunaan bantuan buku; tidak memberikan tekanan apapun pada siswa kami atau orang tua mereka untuk terlibat pelajaran swasta, untuk tidak bertindak sebagai agen atau menerima komisi dan kompensasi lainnya untuk merekomendasikan buku.
Menuju Masyarakat
Ini akan menjadi tugas utama kami untuk memberikan contoh dalam kewarganegaraan, untuk berusaha untuk mempromosikan kepentingan publik, untuk menegakkan martabat panggilan kami pada semua kesempatan, untuk ukuran tuntutan dan aspirasi masyarakat, untuk menjadi pemimpin dinamis ketika diperlukan dan menjadi pengikut yang ideal ketika diinginkan
Guru Union
Guru serikat juga dapat memainkan peran yang sangat signifikan dalam menciptakan suasana di mana shirkers dan orang lain dengan niat diragukan mungkin tidak menemukan lingkungan yang menyenangkan. Serikat pekerja harus membuat opini publik yang harus berfungsi sebagai sanksi yang memadai terhadap tindakan unsocial tersebut. Sekarang, guru serikat hanya digunakan sebagai forum untuk ventilasi keluhan mereka dan sebaliknya mencoba untuk mempromosikan kondisi pelayanan. Selain itu, serikat ini juga harus mengambil langkah-langkah yang dapat membantu para guru dalam memproyeksikan citra yang tepat antara orang-orang.
Tugas
Ø Keselamatan dan Keamanan Mahasiswa
Ø Beritahu siswa tentang tujuan pendidikan di sekolah.
Ø Membangun 00:59 hubungan dengan siswa
Ø Program Pengembangan Kepribadian mengambil-up.
Ø Tahu segala sesuatu tentang siswa Anda
Ø Membuat siswa menyadari realitas kehidupan
Ø Menginspirasi siswa untuk menghadapi masalah dengan keberanian
Ø Memberi kabar siswa tentang bahaya yang mungkin dan bahaya di dalam dan sekitar kampus sekolah
Memberikan Siswa Anda Terapi Psikologis
Ø Pengajaran
Ø Perencanaan
Ø Persiapan
Ø Presentasi
Ø Evaluasi
Ø Memberikan masukan
Ø Diagnosa
Ø Remediasi
Ø Penyuburan
Semua Kegiatan Tersebut Dapat Memberikan Kepuasan Terdalam Di Dan Dari Tindakan Menerapkan Keterampilan Mereka.
Mengajar Sebagai Service Sosial
Ø Hal ini seperti panti
Ø Ini memberikan kontribusi untuk kehidupan orang lain
Ø Keputusan untuk mengajar lebih dalam dari cinta untuk subyek.
Ø Orang-orang memiliki daya tarik untuk kehidupan guru
Guru Buku Harian
Guru Diary adalah semacam catatan kegiatan sehari-hari nya. Ini mungkin menunjukkan kepadanya apa yang telah dilakukan, apa yang ia lakukan dan apa yang ia berencana untuk lakukan di masa depan. Tidak ada rencana pelajaran yang rumit yang menjadi ditulis dalam buku harian, abstrak dan garis singkat yang cukup. Pada awal tahun, guru dapat menarik cetak biru dari awal bekerja. Jadwal silabus yang akan dibahas jangka bijaksana dan bulan-bijaksana dll mungkin disiapkan di setiap subjek dia mengajar.
Ø Blueprint kerja tahunan
Ø Jadwal silabus
Ø Abstrak dan garis-garis besar lesi
Ø Program mingguan
Ø Akademik Rekaman
Ø Rekaman Unit Pengujian
Ø Daftar siswa yang membutuhkan perawatan khusus
Ø Catatan kegiatan sehari-hari
Selain Di Atas, Guru Harian Harus Terdiri Dari:
Ø Program mingguan seperti yang ditunjukkan pada tabel waktu sekolah.
Ø Tugas mural lain ekstra ditugaskan untuk guru.
Ø Catatan singkat apa yang telah dilakukan dari waktu ke waktu.
Ø Masuknya pekerjaan rumah yang ditugaskan kepada siswa
Ø Nama-nama mahasiswa yang diajarkannya kelas-bijaksana
Ø Catatan akademis siswa
Ø Keanehan kelas atau individu siswa
Ø Keterangan tentang pekerjaan harian atau mingguan
Ø Rekaman tes kelas
Para guru diary panduan membantu nya. Ini akan memungkinkan dia untuk menjaga kontak pribadi dengan pekerjaannya, menjaga minat aktif dalam kegiatan dan mengingatkan dia dari kekurangannya, menarik-punggung, dll senilai dari diary terletak pada keteraturan dengan yang itu diisi dan penggunaan yang diletakkan dan juga inspirasi yang dapat memberikan kepada guru untuk berada di jalur dan kehilangan tujuan dan target yang dijadwalkan.
Kepala sekolah kadang-kadang harus memeriksa buku harian dan memberikan komentar yang berguna secara lisan, jika ia merasa perlu. Pengalaman matang Nya akan pergi jauh dalam membuat Guru Harian benar dokumen berharga. Dicetak buku harian kosong yang tersedia, tetapi itu penting sedikit jika guru serius dalam karyanya
Ø Kegiatan sekolah
Ø Kurikuler
Ø Co-Kurikuler
Ø Ekstra Kurikuler
Bimbingan Pribadi
b. Konseling Karir
c. Pengabdian Masyarakat
Pelaksanaan Kegiatan Sekolah:
Ø Perencanaan
Ø Pengorganisasian
Ø Membimbing
Ø Mengawasi
Ø Mengevaluasi
,, ,, Terimakasih
sudah berkunjung ke blog kami,, semoga bermanfaat ,, ,,