Definisi Dan Konsep Utama Psikologi Pendidikan
Dampaknya terlalu sederhana untuk mengatakan bahwa psikologi pendidikan adalah psikologi
belajar dan mengajar, namun mayoritas psikolog pendidikan menghabiskan waktu mereka
mempelajari cara-cara untuk menggambarkan dan meningkatkan belajar dan mengajar. Setelah
meninjau literatur sejarah dalam psikologi pendidikan, Glover dan Ronning (1987, hal. 14)
menyatakan bahwa psikologi pendidikan mencakup topik yang mencakup pembangunan manusia,
perbedaan individu, pengukuran, belajar, dan motivasi dan merupakan sebuah data-driven
dan teori- didorong disiplin. Dengan demikian, definisi kita tentang psikologi pendidikan
adalah aplikasi psikologi dan metode psikologis untuk mempelajari pengembangan,
pembelajaran, motivasi, instruksi, penilaian, dan isu-isu terkait yang mempengaruhi
interaksi belajar mengajar. Definisi ini luas karena potensi aplikasi psikologi pendidikan
untuk proses pembelajaran sangat besar!
psikologi pendidikan adalah disiplin penting yang berkontribusi terhadap pendidikan guru
dan peserta didik. Misalnya, Jerome Bruner, seorang tokoh abadi dalam psikologi pendidikan, baru-baru ini mencatat perlunya memikirkan kembali ide-ide kita pembangunan, pengajaran, dan pembelajaran dan interaksi di antara mereka. Secara khusus, Bruner (1996) mendesak pendidik dan psikolog untuk melihat anak-anak sebagai pemikir, dan menyatakan
Tidak kurang dari orang dewasa , anak dianggap sebagai memegang lebih atau kurang koheren " teori " tidak hanya tentang dunia tetapi tentang pikirannya sendiri dan bagaimana cara kerjanya . Teori-teori naif dibawa ke keselarasan dengan orang- orang tua dan guru tidak melalui imitasi, bukan melalui instruksi didaktik , tapi oleh wacana , kolaborasi , dan negosiasi . . . . Model pendidikan yang lebih peduli dengan interpretasi dan pemahaman daripada dengan pencapaian pengetahuan faktual atau kinerja yang terampil . (1996 , p . 57 )
Kata-kata ini mencerminkan banyak tujuan buku ini : Pikirkan psikologi pendidikan sebagai alat penting yang bisa membantu beragam dalam perencanaan , memberikan , dan mengevaluasi pembelajaran . Untuk menggambarkan bagaimana ilmu psikologi pendidikan dapat membantu guru , kami ingin mengidentifikasi beberapa konsep kunci dan hubungan mereka dengan instruksi dan pembelajaran . Jauh lebih akan dikatakan tentang masing-masing konsep saat Anda bekerja jalan Anda melalui buku ini .
Memahami Arti Pengajaran
Konsep kunci pertama adalah kebutuhan untuk memahami apa artinya untuk mengajar. Kami berharap bahwa sebagai hasil dari membaca bab ini dan lain-lain, seperti Bab 10, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik dari "kehidupan di dalam kelas." Anda harus, bagaimanapun, memiliki dasar dari yang untuk membuat keputusan tentang pengajaran.
Pengetahuan Mahasiswa
Konsep inti kedua adalah keyakinan bahwa untuk mengajar terampil, Anda harus memiliki banyak pengetahuan tentang siswa mungkin: kebutuhan mereka, karakteristik, dan perbedaan. Bagian 1 dari buku ini memperkenalkan Anda ke kehidupan perkembangan anak-anak. Bab 2 dikhususkan untuk menelusuri perkembangan kognitif dan bahasa anak-anak, sementara Bab 3 berfokus pada perkembangan psikososial dan moral mereka. Mencerminkan keragaman di kelas kami, Bab 4 mengkaji dampak dari budaya, kelas, dan jenis kelamin pada pengajaran dan pembelajaran.
Jika Anda menjadi guru kelas reguler, Anda akan datang ke dalam kontak dengan satu atau lebih siswa yang luar biasa. Ada berbagai jenis siswa yang luar biasa, termasuk berbakat dan berbakat, serta siswa mengalami cacat sensorik, gangguan komunikasi, gangguan fisik dan kesehatan, gangguan perilaku, kesulitan belajar, dan keterbelakangan mental. Bab 5 memberikan informasi berharga tentang karakteristik khas siswa yang luar biasa.
Memahami Proses Belajar
Prioritas dalam psikologi pendidikan adalah memahami proses pembelajaran, yaitu; prosedur dan strategi yang digunakan siswa untuk memperoleh informasi baru. Bab 6 memfokuskan pada penjelasan perilaku belajar dan memberikan banyak contoh bagaimana penjelasan teoritis ini pembelajaran dapat diterjemahkan ke dalam praktek kelas. Bab 7 dan 8 gilirannya untuk analisis kognitif lebih belajar, mirroring keprihatinan saat ini dengan "mengajar untuk pemahaman." Bab-bab ini telah ditulis untuk membantu Anda mengubah siswa menjadi pemikir yang lebih baik dan pemecah masalah dengan menghadirkan banyak teknik dan "tips" yang telah terbukti membantu. Motivasi, subjek Bab 9, begitu penting bahwa kita dapat menyatakan bahwa tanpa itu, belajar tidak akan terjadi.
Memahami Strategi Instruksional
Sebuah konsep kunci keempat adalah fungsi instruksi, dimulai dengan tujuan yang ingin guru untuk mencapai. Bab 10 dan 11 berkonsentrasi pada strategi-strategi pembelajaran yang penelitian yang telah terbukti efektif. Belajar, bagaimanapun, tidak terjadi dalam ruang hampa. Anda harus memahami keadaan terbaik di mana pembelajaran dapat terjadi. Akibatnya, pasal-pasal ini hadir dalam beberapa strategi sukses rinci untuk mengelola kelas, dengan fokus pada teknik-teknik yang ditunjukkan oleh teori dan penelitian untuk menjadi efektif.
Memahami Strategi Penilaian
Psikolog pendidikan telah berperan dalam menyediakan teknik yang guru dapat digunakan untuk menentukan bagaimana siswa sukses telah dalam mencapai pengetahuan dan keterampilan baru . Hari ini , mungkin lebih dari sebelumnya , menilai pengetahuan dan keterampilan siswa adalah isu sentral di sekolah-sekolah . Dari perspektif guru , dua dari tujuan yang paling relevan dari penilaian yang ( a) untuk mengidentifikasi siswa yang membutuhkan bantuan pendidikan atau psikologis , dan (b ) untuk memberikan informasi kepada guru yang akan membantu mereka mengembangkan program pembelajaran untuk memfasilitasi berfungsinya semua siswa . Penilaian melibatkan penggunaan berbagai perangkat dan pengetahuan dasar pengukuran . Topik-topik ini diperiksa secara rinci dalam Bab 12 dan 13 .
klik artikel terkait
teknologi-pendidikan
,, ,,Terimakasih sudah mengunjunggi blog kami,, semoga bermanfaat,, ,,